Orang Kaya Tidak Bekerja Untuk Uang

Konsep Orang kaya tidak bekerja untuk uang adalah salah satu gagasan yang diusung oleh Robert T. Kiyosaki dalam berbagai karya tulisnya. Saya pribadi sangat tertarik dengan gagasan itu, karena saya mengalami hal yang hampir sama persis dengan beliau. Kami berdua memiliki masalah keuangan yang parah dan kami berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

saya pribadi dilahirkan dari keluarga kelas menengah, Ayah saya adalah seorang pengawas pendidikan provinsi dan ibu saya adalah seorang perawat di rumah sakit daerah. Untuk fasilitas pendidikan, saya mengecap sekolah milik pemerintah 12 tahun lamanya.

Ketika saya bertanya kepada para orangtua dan guru tentang cara untuk menjadi kaya, kebanyakan dari mereka hanya akan menjawab “Kalau kamu ingin kaya, kamu harus belajar yang giat agar bisa mendapat pekerjaan yang keren dan bergaji tinggi”

Namun ketika saya bertanya balik kepada orangtua dan guru saya, “Kalau memang tujuan akhir dari sekolah adalah untuk mendapatkan uang, lalu kenapa anda tidak langsung saja mengajarkan soal uang kepada kami?”

Pertanyaan itupun tak pernah dijawab hingga hari ini 😀

Orang kaya tidak bekerja untuk uang, Sebaliknya mereka justru memiliki uang yang bekerja keras untuk mereka.
Orang kaya tidak bekerja untuk uang, Sebaliknya mereka justru memiliki uang yang bekerja keras untuk mereka.

Banyak hal baru yang saya pelajari dari buku Rich Dad and Poor Dad karya Robert Kiyosaki. Hal pertama dan terbesar yang saya pelajari dari buku itu adalah sebuah realita bahwa orang kaya sama sekali tidak bekerja untuk uang. (Ini sedikit kontroversial, tapi memang poin ini yang akan dibahas)

Jika memang orang kaya tidak berkerja untuk uang, jadi untuk apa mereka bekerja? Menurut Robert Kiyosaki, Tujuan orang kaya dalam bekerja adalah untuk membangun aset, yang mana aset ini nantinya akan memberikan mereka penghasilan pasif (Pasive Income).

terdapat perbedaan yang besar antara Active Income dan Pasive Income.
Active Income hanya akan diperoleh jika anda bekerja, Anda tidak akan dibayar jika tidak hadir ditempat. Contoh: Pekerjaan di kantor (Guru, Bankir dan Pegawai), Pekerjaan professional (Pengacara, Dokter praktek dan Arsitek) atau Bisnis yang belum memiliki sistem (Seperti toko klontong dan PKL)

orang kaya fokus untuk membangun aset, dimana nantinya aset inilah yang akan membiayai kehidupannya.
orang kaya fokus untuk membangun aset, dimana nantinya aset inilah yang akan membiayai kehidupannya.

Sebaliknya Pasive Income  adalah pekerjaan yang tidak menuntut kehadiran anda secra langsung. Uang akan selalu masuk ke dalam rekening anda bahkan jika Anda tidak bangun dari tempat tidur sekalipun. Misalnya, pendapatan sewa, (dari real estate), pendapatan royalti (dari buku yang telah anda tulis atau dari bisnis MLM) dividen (dari saham) dan bunga tabungan.

Baca Juga : Gaji Tidak Akan Menjadikan Anda Kaya

Mayoritas orang mampu bekerja keras dalam karir, tetapi hanya sedikit saja yang mau bekerja keras untuk membangun aset.
Padahal menurut Kiyosaki, sebenarnya ketika Anda telah menciptakan aset yang kokoh, nantinya aset itulah yang akan bekerja keras untuk anda.
Membangun Aset yang kuat dan sehat inilah yang menjadi salah satu alasan terbesar (tetapi bukan satu-satunya alasan) mengapa sebagian orang menjadi kaya dan sebagian lainnya tidak.

Tujuan sekolah bagi mayoritas orang adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan bergaji tinggi. Tentunya tidak ada yang salah dengan hal ini, namun jika anda memang memiliki rencana untuk menjadi orang kaya, maka hal ini kurang relevan.

Banyak orang bekerja keras pada suatu pekerjaan, namun mereka sama sekali tidak memiliki aset, maka dapat di pastikan mereka harus bekerja keras demi uang seumur hidup dan jika mereka kehilangan pekerjaan, mereka dalam masalah besar.
Tetapi jika seseorang memiliki orientasi bekerja keras untuk ‘membangun’ aset, maka aset ini akan tumbuh menjadi ‘arus pendapatan’ yang selalu datang tidak peduli apa pun yang terjadi.

Tolong dicatat ; Saya tidak meremehkan atau menghina pekerjaan,
Saya sendiri bahkan memiliki pekerjaan. Tentunya anda harus memiliki pekerjaan untuk bertahan hidup dan mencari nafkah.

Yang ingin saya tekankan pada postingan kali ini adalah : Bahwa kekayaan itu tidaklah diciptakan oleh ‘gaji’, tetapi dari  Aset yang anda bangun diwaktu luang.

Hal yang menarik lainnya adalah ketika penghasilan anda sebagian besar berasal dari aset, maka anda akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk dihabiskan bersama keluarga.
Tetapi sebaliknya, ketika semua penghasilan Anda berasal dari gaji, maka anda memiliki lebih sedikit waktu luang dan tidak memiliki pilihan selain bekerja lebih keras dan lebih keras lagi.

As Robert Kiyosaki says :

“You don’t get rich at your day job, you get rich in your spare time”.

Baca Juga : Melek Finansial Mulai Dari Sekarang

7 thoughts on “Orang Kaya Tidak Bekerja Untuk Uang

Add yours

  1. Dulu pernah baca buku : Jangan mau seumur hidup jadi orang gajian. Inti nasehatnya sama, apalagi untuk yg tidak memiliki jaminan pensiun spt PNS.

    1. hahaha bener bang, di zaman seperti sekarang ini, jika menyangkut masalah keuangan kita haruslah mandiri hehehe,
      Menjadi pegawai juga ga ada salahnya selagi dia menjadikan itu sebagai ‘batu’ loncatan untuk kebabasan finansial dimasa depan hehehe 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: