Jaga Reputasi Dengan Nyawa Anda

Hukum Kekuasaan Nomor #5 :
Begitu banyak hal tergantung pada reputasi, Oleh sebab itu selalu Jaga reputasi dengan nyawa anda. Reputasi adalah landasan utama kekuasaan. reputasi yang baik mampu mengintimidasi lawan dan membuat segan kawan. Namun sekali reputasi itu rusak/hancur, maka hal ini akan menjadikan anda dalam posisi yang rapuh dan tidak menguntungkan. Jagalah reputasi dengan nyawa anda dan belajarlah mengalahkan musuh anda dengan menghancurkan reputasinya.

Kisah Orang yang Taat Akan Hukum Ini:

800px-Ruse_with_an_Empty_City_
Lukisan Strategi Benteng Kosong Zhuge Liang
(Terlihat Zhuge Liang sedang bermain kecapi diatas gerbang kota yang terbuka lebar. Sima Yi dengan 150.000 bala tentara nya merasa takut mendekat ke kota kecil itu. )

Ketika zaman tiga kerajaan di China (207-265 M), Suatu hari jendral besar Zhuge Liang yang memimpin pasukan kerajaan Shu sedang beristirahat di sebuah kota kecil bersama beberapa orang tentara. Tiba-tiba pasukan penjaga masuk ke ruangan nya sambil membawa berita mengejutkan bahwa 150.000 tentara musuh dibawah pimpinan Sima Yi sedang mendekat ke arah nya.

Dengan hanya didampingi seratus orang tentara yang berjaga, tentunya keadaan Zhuge Liang dalam bahaya. Musuh dibawah pimpinan Sima Yi akhirnya memiliki kesempatan untuk menangkap jendral Shu yang legendaris ini.

Tanpa meratapi nasibnya dan membuang-buang waktu untuk frustasi, Zhuge Liang justru memerintahkan pasukan penjaga nya untuk menurunkan bendera, membuka gerbang kota selebar-lebar nya dan bersembunyi. Mendadak keadaan kota kecil itupun menjadi sepi.

e74cb5028913942d5a29fd13fd0b47b8

Kemudian tidak cukup samapai disitu, Zhuge Liang sendiri duduk di atas gerbang kota sambil memakai pakaian paling mencolok yang dimilikinya, membakar kemenyan dan bersenandung dengan diiringi kecapi.

Beberapa menit kemudian 150.000 pasukan musuh sudah berdiri dihadapannya, Barisan musuh itu terus mendekat bagaikan lautan manusia yang tidak ada habisnya. Sambil berpura-pura tidak menyadari nya, Zhuge Liang terus bersenandung dengan kecapinya.

Di depan pasukan musuh itu berdirilah jenderal mereka yang bernama Sima Yi, Sima Yi langsung mengenali pria berpakaian mencolok yang sedang bermain kecapi diatas dinding kota itu.

Walaupun Sima Yi memimpin 150.000 pasukan dan kemenangan seolah-olah sudah ada ditangan, dia justru merasa bimbang untuk memasuki kota yang sama sekali terlihat tidak dijaga itu.

Sima Yi mengamati kota itu dengan seksama,
Pintu gerbang nya terbuka lebar,
Sama sekali tidak ada penjaga,
dan Seorang Jenderal musuh legendaris sedang duduk santai sambil bersenandung dengan kecapi nya.

hal ini semakin membuat nya bingung dan takut akan apa yang sebenarnya di sembunyikan oleh Zhuge Liang dibalik kota kosong yang terbuka lebar itu.
Setelah berfikir panjang,
Tidak lama kemudian, Sima Yi memrintahkan 150.000 tentara nya untuk mundur dengan cepat.

Baca Juga : Buat Orang Lain Masuk Dalam Perangkap Anda

Interpretasi :

Zhuge Liang Si Naga Tidur
Zhuge Liang Si Naga Tidur

Zhuge Liang atau juga sering di panggil “Naga Tidur.” Reputasi nya dalam perang tiga kerajaan sudah amat legendaris. Suatu waktu, ada seorang pria yang mengaku sebagai letnan musuh yang tidak setia datang ke kampnya untuk menwarkan bantuan dan informasi. Liang segera menyadari bahwa situasi ini adalah jebakan dan pria ini adalah suruhan musuh.
Dia memerintahkan agar pria itu dihukum pancung.

Namun saat kapak hampir mengenai leher nya, Liang justru menghentikan nya. Liang menwarkan keselamatan bagi pria itu dari hukuman mati jika ia bersedia menjadi agen ganda. karena bersyukur telah diselamatkan pria itupun setuju dan mulai memberi banyak informasi palsu kepada musuh. Zhuge Liang pun memenangkan perang berturut-turut karena hal itu.

Pada kesempatan lain, liang mencuri cap (Segel) militer musuh dan menciptakan dokumen-dokumen palsu untuk memindahkan pasukan musuh ketempat jauh dan terpencil. Setelah pasukan tadi berpindah ketempat jauh dan terpencil, Zhuge Liang dengan mudah merebut tiga kota besar di China.

Ia juga pernah menipu musuh agar percaya bahwa salah seorang jendral terbaiknya adalah pengkhianat, lalu memaksa pria itu untuk kabur dan menggabungkan kekuasaan dengannya.

Zhuge Liang Si naga Tidur dengan hati-hati memupuk reputasinya sebagai pria tercerdik di China yang selalu memiliki jutaan muslihat dibelakang nya. Reputasi inilah senjata utama yang membuat musuh-musuh takut berhadapan dengan nya.

Sima Yi sudah lusinan kali berperang dengan Zhuge Liang oleh sebab itu dia mengenalnya dengan sangat baik. Ketika ia datang dan melihat gerbang terbuka lebar, dinding kota tidak di jaga dan zhuge liang duduk dengan santainya sembari bermain kecapi, hal ini justru mengintimidasi nya.

Sima Yi berfikir bahwa Zhuge Liang jelas-jelas memancing nya untuk masuk kedalam kota yang dalam benaknya sudah penuh dengan perangkap.

Sebenarnya Sima Yi bisa saja untuk langsung merebut kota yang keadaan nya memang benar-benar hampir kosong itu, Tapi karena tahu persis reputasi Zhuge Liang yang terkenal cerdik dan penuh muslihat, maka Sima Yi sama sekali tidak berani mengambil resiko untuk melakukan nya. Begitulah kekuatan reputasi. Reputasi mampu membuat mundur 150.000 tentara tanpa menembakkan satu anak panah pun.

Baca Juga : Zhuge Liang Sang Naga Tidur

Kunci Kekuasaan :

Reputasi adalah hal yang amat penting. Pada mulanya anda akan bersusah payah membangun nya, entah itu reputasi jujur, murah hati, disiplin atau bahkan ahli dalam bidang tertentu. semua itu memerlukan waktu untuk melihat hasilnya.

Reputasi membuat anda berbeda dari orang kebanyakan, entah itu reputasi baik ataupun reputasi buruk, semuanya menjadi pembeda. oleh sebab itu amatlah penting bagi anda untuk terus konsisten menjaganya.

Perhatikan reputasi anda secara baik-baik, bangunlah reputasi secara perlahan-lahan dan dengan landasan yang mantap. Seiring berjalan nya waktu reputasi anda akan menyebar seperti kebakaran hutan.

Reputasi yang mantap meningkatkan nilai anda dan melebih-lebihkan kekuatan anda tanpa perlu mengerahkan banyak energi. Reputasi yang baik juga menciptakan aura kharismatis di sekitar anda dan memancing rasa hormat dan rasa takut disaat bersamaan.

Baca Juga : Jauhilah Orang Yang Tidak Bahagia dan Sial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: