Buat Orang Selalu Bergantung Pada Anda

Hukum kekuasaan Nomor #11 :
Buat Orang Selalu Bergantung Pada Anda. Untuk mempertahankan kekuasaan anda, anda harus sealalu dibutuhkan dan diinginkan.
Semakin anda dijadikan sandaran, semakin besar kekuasaan yang anda miliki. Buat Orang Selalu Bergantung Pada Anda untuk merasa bahagia dan mencapai tujuan pribadi mereka, maka anda tidak perlu apa-apa untuk berkuasa. Jangan pernah ajari mereka pengetahuan penting yang dapat menjadikan mereka hidup mandiri tanpa anda.

Kota Siena Italia
Keindahan Kota Siena Italia

Pelanggaran terhadap hukum ini :
Pada abad pertengahan, seorang condottiere atau tentara bayaran, menyelamatkan kota Siena dari serangan pasukan musuh. Bagaimana cara warga kota Siena memberinya imbalan ? Uang tidak sebanding dengan tindakan heroiknya dalam membebaskan kota besar Seina dari serangan tentara asing. Lalu warga kota Seina pun berfikir untuk mengangkat nya sebagai bangsawan, namun hal ini juga dirasa tidak cukup.Akhirnya salah satu warga memberi gagasan “Biarlah kita membunuhnya, lalu memujanya sebagai santo pelindung kita.” jadi, itulah yang mereka lakukan.
Mereka membunuh tentara bayaran heroik itu, agar dapat memujanya sebagai santo pelindung kota. Sungguh Tragis.

Count of Carmagnola adalah salah satu condottiere yang paling berani dan sukses. Ia dipekerjakan oleh kota Venesia, yang sedang berperang sengit melawan kota Florence.

Suatu hari sang Count dipanggil tiba-tiba untuk datang ke Venesia. sebagai pahlawan rakyat Venesia, tentunya ia disambut meriah dan penuh kehormatan. Malam itu dia makan malam dengan sang hakim tinggi kota Venesia di istananya.

Namun demikian ketika dalam perjalanan menuju istana, ia sadar bahwa para penjaga membimbing nya kearah yang berbeda dari arah biasa. setelah menyebrangi jembatan Sighs yang terkenal, tiba-tiba ia sadar kemana para penjaga itu membawanya, mereka membwanya ke penjara bawah tanah. Ia dihukum atas tuduhan palsu dan keesokan harinya di Piazza San Marco, dihadapan para warga kota yang dilindunginya, ia dihukum pancung.

Piazza San Marco
Piazza San Marco tempat dimana Count of Carmagnola dihukum pancung

Interpretasi :
Banyak condottiere hebat pada zaman Renaissance di italia menderita nasib yang sama dengan Santo pelindung kota Seinna dan Count of Carmagnola : Mereka menang perang berturut-turut untuk melindungi kotanya, tetapi pada akhirnya malah diasingkan, dipenjara atau malah dihukum mati.

Masalahnya bukan karena sikap mereka yang buruk, melainkan karena banyak condottiere lain yang sama-sama cakap dan pemberani seperti mereka. Mereka bisa digantikan. Tidak ada kerugian satupun jika mereka dibunuh.

Pasukan Bayaran
Ilustrasi : Pasukan bayaran pada abad pertengahan

Sementara itu condottiere yang lebih tua semakin hari semakin berkuasa, jadi mereka menginginkan lebih banyak imbalan atas jasa mereka. Karena itu jauh lebih baik untuk menyingkirkan mereka dan mempekerjakan seorang tentara bayaran yang lebih muda dan lebih murah.

Begitulah nasib dari Count of Carmagnola, yang mulai berkuasa dan berpengaruh. Ia telah keliru dengan menganggap kekuasaannya aman tanap memastikan bahwa ia benar-benar dibutuhkan.

Dan begitulah juga nasib orang-orang yang tidak membuat orang lain tergangtung kepada mereka. Cepat atau lambat, akan muncul seseorang yang lebih muda, lebih murah dan lebih tidak mengancam.

Baca Juga : Jangan Buat Iri Atasan Anda

Jadilah satu-satunya orang yang bisa melakukan apa yang anda bisa lakukan dan buatlah nasib orang-orang yang memperkerjakan anda amat tergantung kepada anda. Jika tidak, suatu hari nanti anda pasti terpaksa disingkirkan oleh atasan anda.

Kunci Kekuasaan :
Kekuasaan tertinggi adalah kemampuan membuat orang lain bertindak sesuai kemauan anda. Jika anda mampu melakukan hal ini tanpa perlu memaksa dan melukai orang lain, maka anda telah berkuasa sepenuhnya.
Cara terbaik untuk mencapai posisi semacam ini adalah dengan menciptakan hubungan ketergantungan.

Buatlah atasan anda selalu membutuhkan jasa anda, buat dia menjadi lemah tanpa adanya bantuan anda, atau buatlah keadaan dimana anda telah mahir betul dalam pekerjaan anda sehingga apabila atasan menyingkirkan anda, sama saja dia akan kehilangan asetnya yang paling berharga.

Jangan pernah menjadi orang bodoh yang menganggap bahwa bentuk kekuasaan tertinggi adalah kemandirian. Kekuasaan melibatkan hubungan antar manusia, anda akan selalu membutuhkan orang lian untuk, sekutu, bidak, atau bahkan sebagai atasan yang lemah yang akan berperan sebagai ‘boneka‘ anda. Manusia yang benar-benar mandiri akan hidup menyendiri di sebuah kabin ditengah hutan, ia akan memiliki kebebasan untuk datang dan pergi sesukanya, tetapi pada akhirnya dia tidak memiliki kekuasaan. Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah agar orang lain selalu bergantung kepada anda sehingga anda memiliki kekuasaan yang sebenarnya atas diri mereka.

Baca Juga : Buat Orang Lain Masuk Dalam Perangkap Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: