Jadilah Jujur Dan Murah Hati

Hukum Kekuasaan Nomor #12 :
Pergunakan kejujuran dan kemurahan hati untuk memudahkan urusan anda dengan orang lain. Satu tindakan jujur akan mampu menutupi lusinan tindakan picik lainnya. Jadilah jujur dan murah hati, karena hanya dengan cara itu lah anda dapat meruntuhkan ‘benteng’ orang-orang yang paling mudah curiga.

Count Victor Lustig , penipu hebat yang telah menjual menara Eiffel sebanyak dua kali! 

Ketaaatan Pada Hukum Ini :
Pada tahun 1962, seorang pria berbusana rapi menemui Capone yang merupakan gangster paling ditakuti pada zamannya. Dengan tata krama yang halus ala bangsawan Eropa, pria itu memperkenalkan dirinya sebagai Count Victor Lustig. Ia berjanji bahwa jika Capone memberinya uang $50.000, maka ia akan mengembalikannya dengan berlipat ganda.

Capone adalah gangster paling kaya dan paling berpengaruh dizamannya, ia tentunya memiliki uang lebih dari cukup untuk ‘Investasi’ ini, permasalahannya adalah dia tidak terbiasa mempercayakan sebagian besar uangnya untuk diolah oleh orang yang benar-benar asing.

Capone memperhatikan pria ini secara seksama : Ada sesutau yang berbeda dari pria ini, gayanya yang berkeslas, tindak tanduk nya yang sopan dan tutur bahasanya yang sangat halus. Setelah mengamati pria ini dengan sangat teliti, singkat cerita Capone memutuskan untuk bekerja sama dengannya. bahkan capone menghitung sendiri lembaran uang itu dan memberikanya kepada Lustig. “Ok Count” sahut Capone “Gandakan uang ini dalam waktu 60 hari seperti janjimu.”

Lustig pergi dengan membawa uang $50.000 dari Capone, ia memutuskan untuk menyimpannya di lemari besi kota Chicago. Uang itu sama sekali tidak pernah disentuh. Lustig tidak berusaha menggandakannya. Dua bulan kemudian Lustig datang menemui Capone.

Dia menatap wajah dingin para pengawal Capone lalu berkata ” Aku benar-benar minta maaf Tn.Capone, Sepertinya rencana kita kemarin gagal total.” Perlahan-lahan Capone berdiri dan menatap tajam Lustig, Sepertinya dia mempertimbangkan ke sungai mana nanti sebaiknya dia melemparkan mayat pria itu.

Tetapi sebelum hal buruk itu terjadi, Lustig segera merogoh kantung jas nya, ia mengeluarkan uang $50.000 dan meletakkanya diatas meja.
Nah tuan, ini uang anda masih utuh. Aku minta maaf sekali jika rencana kita kemarin tidak dapat berjalan dengan mulus. Keadaannya sungguh diluar dugaanku. Aku sangat ingin menggandakan uang anda demi anda dan diriku sendiri, Tuhan tahu bahwa aku sangat membutuhkannya, tetapi apa boleh buat rencana itu tak terwujud.”

Potret diri Capone

Capone merasa bingung. “aku tahu bahwa kau adalah seorang penipu” tutur capone. “Aku menegtahuinya tepat saat kau datang kemari. Aku hanya bisa berharap entah kau akan membawa seratus ribu dolar atau nihil. Tetapi ternyata aku mendapatkan uangku kembali.”

“Sekali lagi maafkan aku Tn.Capone.” ujar Lustig sambil mengangkat topinya dan bersiap-siap pergi. “Ya tuhan! Kau jujur!” teriak Capone. “Baiklah, jika memang kau dalam kesulitan, ini kuberi $5.000 untuk membantumu.” Capone pun menghitung lima lembar uang seribu dollar dari tumpukan uang $50.000 miliknya. Lustig sangat terkejut, ia membungkuk rendah, mengucapkan terimaksih dan pergi sambil membawa uang itu.

Sesungguhnya, sejak semula Lustig hanya mengincar $5.000 dolar itu.

Baca Juga : Buat Orang Lain Masuk Dalam Perangkap Anda

Interpretasi :
Count Victor Lustig, seorang pria cerdas yang mampu berbicara dalam beberapa bahasa, selain itu ia juga selalu membanggakan dirinya atas kehalusan tata krama dan tutur katanya. Ia adalah seorang penipu hebat di zaman modern. selain terkenal dengan kasus penipuannya yaitu menjual menara Eiffel sebanyak dua kali, Ia juga dikenal atas keberanian dan pengetahuannya dalam memanfaatkan psikologi manusia.

Baca Juga Kisah : Count Victor Lustig, penipu hebat yang telah menjual menara Eiffel sebanyak dua kali! 

Ia bisa membaca tabiat manusia dalam waktu beberapa menit saja, mengetahui secara detail letak kelemahannya dan tentunya ia juga bisa mengenali orang-orang bodoh dengan sangat mudah. Lustig tahu persis bahwa sebagian besar manusia membentengi dirinya dari para penipu dan penjahat. Tugas utama Lustig adalah merobohkan benteng pertahanan itu.

Salah satu cara yang terbukti efektif untuk merobohkannya adalah dengan menunjukkan sikap tulus dan jujur. Lagipula, Siapa yang tidak peracya kepada orang yang secara harafiah sudah terbukti tulus dan jujur?

Tindakan kejujuran yang dilakukan oleh Lustig, walaupun memang bertujuan manipulatif tetap saja mampu menaklukkan hati gangster besar seperti Capone. Sebaliknya coba anda bayangkan jika anda dapat sungguh-sungguh bertindak tulus dan jujur, tentunya dampak yang dihasilkan pasti jauh luar biasa.

Semua orang mengharapkan kejujuran dan ketulusan dalam hubungan mereka, bahkan orang sekelas gangster seperti Capone pun mengharapkannya. Oleh sebab itu jangan pernah lupa untuk menjadi orang yang jujur dan tulus, karena dengan hal itulah anda bisa membuat hewan paling ganas sekalipun makan dari tangan anda.

Kunci Kekuasaan :
Jadilah jujur dan murah hati. Kejujuran dan sifat murah hati adalah teknik yang berfungsi paling baik saat pertemuan pertama anda dengan orang lain. Kita semua adalah makhluk yang terbentuk dari kebiasaan, dan kesan pertama yang kita tinggalakan kepada orang lain biasanya bertahan lama sekali di benak mereka. Jika sejak kesan pertama seseorang sudah yakin bahwa anda adalah orang yang jujur , maka hubungan anda dengan dirinya akan jauh lebih mudah. Sebaliknya, jika sejak kesan pertama anda meninggalkan kesan tak jujur dan pelit, maka orang lain pun cenderung menutup diri dan tidak lagi merasa bersimpati.


Selalu ingat bahwa kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana saja

Baca Juga : Jaga Reputasi Dengan Nyawa Anda

2 thoughts on “Jadilah Jujur Dan Murah Hati

Add yours

  1. Halo Ka Ilham, ini kali pertama aku berkunjung dan sudah disuguhkan dengan tulisan yang sangat menginspirasi untuk terus berlaku jujur dan bermurah hati.

    “Kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana saja.” Kalimat itu langsung tersimpan di noteku. Nice post?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: