Kenali Kawan Maupun Lawan Anda

Pertimbangan :
Mengenal teman maupun lawan adalah hal yang penting.
Pergunakan taktik memata-matai untuk mengumpulkan informasi berharga, yang membuat anda selalu selangkah lebih maju daripada mereka.

Dalam pertemuan apapun, belajarlah untuk menggali informasi.
Ajukan pertanyaan tersirat yang secara tidak langsung membuat orang lain mengungkapkan rencana, ambisi, niat bahkan fantasi mereka.

Berperanlah sebagai seorang teman, bekerjalah sebagai seorang mata-mata.

Kisah mereka yang berhasil memanfaatkan gagasan ini :

Potret diri Talleyrand

Bila berbicara tentang seni memata-matai maka politikus Prancis Talleyrand adalah seorang yang paling mahir dalam seni ini. Ia memiliki kemampuan unik yaitu mampu mengorek informasi rahasia milik orang lain dalam obrolan yang sopan dan menyenangkan.

Baron de Vitrolles rekan sezaman Talleyrand mengungkapkan “Talleyrand mampu menyembunyikan gagasan dan kebenciannya dibalik cadar sindiran yang memiliki makna lain. Hanya jika dirasa perlu saja Talleyrand akan menunjukkan keperibadian asli nya.”

Kuncinya adalah kemampuan Talleyrand untuk meredam dirinya di dalam percakapan sangatlah hebat, dengan tidak membicarakan dirinya di dalam sebuah percakapan ia membuat orang lain memiliki waktu yang banyak untuk berbicara panjang lebar tentang diri mereka sendiri, sehingga jika mereka tidak berhati-hati, secara tidak sengaja mereka mengungkapkan rencana dan rahasia mereka.

Sepanjang hidupnya Talleyrand dikenal masyarakat Prancis sebagai seorang yang termapil dalam berkomunikasi, namun sesungguhnya dia adalah orang yang jarang berbicara. Ia tidak pernah membicarakan ide dan gagasan nya sendiri, sebaliknya dia adalah seorang yang terampil dalam memancing orang lain untuk membicarakan ide-ide mereka.

Ketika anda sedang berkumpul dan bercengkrama dengan orang lain, selalu perhatikan situasi. Saat di dalam keadaan seperti inilah biasanya ‘benteng’ penjagaan manusia terbuka. Dengan meredam kepribadian anda sendiri, anda bisa membuat mereka mengungkapkan berbagai hal. Jika tidak hati-hati mereka sering mengungkapkan niat dan rencana yang sedang disusun nya.

Kehebatan siasat ini adalah bukan hanya anda dapat mengumpulkan berbagai informasi penting yang berharga, namun juga anda dapat memperoleh potensi sekutu yang setia.
Mengapa demikian? karena kebanyakan manusia cenderung merasa senang jika ada pendengar yang mengerti perasaan mereka.

Namun anda tetap perlu berhati-hati dalam menerapkan taktik ini.
Jika orang lain mulai curiga bahwa anda sedang mengorek informasi dari mereka, mereka pasti akan menghindari anda. Selalu tekankan orientasi pada obrolan yang ramah, bukan informasi yang berharga.

Dengan memancing orang lain mengungkapkan perasaan dan gagasan mereka, anda dapat mempelajari tentang kesetiaan mereka, kejujuran mereka, karakter mereka dan seterusnya. Jenis pengetahuan ini adalah sesuatu hal yang amat berharga, karena anda dapat menimbang mana yang benar-benar kawan dan mana yang sebenarnya musuh di dalam selimut.

Roket V-1 Nazi Jerman

Pada tahun 1944 ketika perang dunia ke II sedang berlangsung, serangan bom roket Nazi Jerman ke kota London tiba-tiba meningkat. Lebih dari 2.000 bom terbang jenis V-1 dijatuhkan di kota besar itu dan menewaskan lebih dari 5.000 orang serta melukai jauh lebih banyak orang.

Namun demikian, entah mengapa roket terbang itu selalu luput dari sasaran utama mereka. Bom yang ditujukan ke Tower Bridge atau Picadilly justru jatuh di wilayah luar kota yang berpenduduk jarang. Hal ini karena, pihak jerman menetapkan sasaran mereka berdasarkan informasi mata-mata yang mereka tempatkan di Inggris. Mereka tidak tahu bahwa agen-agen ini sudah tertangkap basah oleh pihak Inggris dan sebagai gantinya, mereka harus menjadi agen ganda yang memberikan informasi menipu bagi pihak jerman.

Bom-bom canggih V-1 buatan Nazi Jerman jatuh semakin jauh dari sasaran utamanya. Menjelang akhir perang, bom-bom itu mendarat diatas peternakan atau ladang-ladang pinggiran kota London.

Kerusakan Victoria Dock oleh Roket V-1

Informasi sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari.
Sangatlah sempit jika menganggap Spionase hanya dimainkan lembaga Intelegent negara seperti BIN atau CIA.
Permainan spionase sudah di mainkan mulai dari individu sampai korporasi raksasa, semuanya saling memata-matai untuk tujuan tertentu.

Ketika anda memutuskan untuk memata-matai orang lain, maka anda harus siap untuk dimata-matai balik oleh mereka. Seperti kasus gagalnya sasaran roket canggih V-1 jerman di kota London, maka kita bisa belajar bahwa salah satu senjata paling efektif dalam permainan ini adalah dengan memberikan informasi palsu.

Sir Winston Churchil

Sebagaimana dikatakan perdana mentri Inggris semasa perang dunia ke II, Sir Winston Churchil, “Informasi sangatlah berharga sehingga sebaiknya selalu diselubungi dengan dusta.”
Anda perlu menyembunyikan ‘kartu’ anda dengan sedikit topeng kasat mata. Hanya dengan proteksi semacam itulah privasi anda tidak bisa ditembus.

Memata-matai musuh anda memberikan anda mata ketiga,
Memberikan informasi yang salah kepada mereka sama dengan menutup satu matanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: